INILAH ARENA PUTRI PETUNG




Bagi para pecinta wisata bangunan unik tidak perlu pusing-pusing. Karena di Kalimantan Timur tepatnya di Kabupaten Paser terdapat tempat wisata rekreasi para keluarga, apalagi pada saat acara akbar. Tempat itu dinamai arena promosi seni dan budaya Putri Petung yang dulunya dikenal sebagai eks arena MTQ.

Arena promosi seni dan budaya Putri Petung ini  merupakan tempat familiar bagi masyarakat paser. Tempat ini berada pusat kota di jalan Basuki Rahmat Kec. Tanah Grogot Kab. Paser. Tempat ini diresmikan pada 29 Desember 2008 bertepatan pada ulang tahun Paser yang ke-55 oleh H. M. Ridwan Suwidi selaku bupati paser yang menjabat pada saat itu. Hal tersebut di tandai dengan adanya prasasti yang terdapat di samping kanan pintu masuk Arena promosi seni dan budaya Putri Petung.

Arena putri petung dikeliling tempat- tempat rekreasi juga yaitu disebelah Selatan terdapat Tepian Kandilo atau yang lebih dikenal dengan Siring, disebelah utara ada Taman Putri Solehah yang lebih dikenal Taman Bunga Mawar, disebelah timur terdapat Arena Putra Petung, dan disebelah barat terdapan Lapangan Garuda. Itu sebabnya menganpa dikatakan pusatnya grogot.

Tempat ini memiliki keunikan tersindiri yakni berwarna ungu pada setiap bangunannya dan terdapat kubah-kubah kecil diatas bangunan yang mengelilingi arena tersebut. Tempat ini juga sering di gunakan oleh masyarakat paser untuk bermain sepatu roda,skateboard,sepeda,latihan menari dan masih banyak lagi aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat paser. Hal tersebut di karenakan letaknya yang strategis.

Pada acara-acara akbar seperti lomba, festival, pameran, pagelaran dilaksanakan di tempat ini. Apalagi saat ulang tahun Kabupaten Paser biasanya diadakan penampilan tarian. Terdapat pula  Musik khas paser dan serangkaian penampilan lainnya yang membuat masyarakat paser sangat antusias dengan diadakannya acara tersebut hal hasil acaranya sangat meriah. Selain itu karena ulang tahun paser barada dipenghujung tahun sehingga kemeriahan tersebut berlanjut sampai acara tahun baru dan di Arena putri petung ini di adakan pesta kembang api yang sangat memukau.

Meskipun, Kabupaten terletak cukup jauh yang berada di ujung selatan Kalimantan Timur dan di waktu berjam-jam untuk sempai kesini tetapi  setelah tiba di sana saat ada acara akbar seperti ulang tahun paser, semua kepenatan dan rasa lelah itu akan segera terbayar karena keindahan dan keunikan kabupaten ini dan di tambah lagi masyarakat yang sangat bersahabat terdapat suka cita di dalamnya. Oleh karena itu, jangan segan – segan untuk mampir ke tempat wisata arena ini yaaa para travelers.    


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Anekdot : “4 Sehat 5 Soemporna”

Ikhlasnya Lebaran 2k18