Dunia dibully Corona

"Kejadian awalnya emang di wuhan. Tapi itu semua kehendak Tuhan"

Virus corona lagi ngejalanin world tour ke berbagai negara bahkan sampai ke Indonesia juga. hal ini udah menjadi berita utama setiap hari. segala aspek, lapis, dan bidang, semuanya kena dampak dari virus ini. corona seakan akan lagi bully satu dunia.  Bayangin aja dalam kurun waktu 4 bulan, virus ini udah berhasil mengancam ke segala penjuru. dan aku termasuk.

Segala aktivitas yang berkaitan dengan pertemuan tiba-tiba berhenti entah sampai kapan. banyak orang yang harus dipulangkan secara mendadak. baik itu pulang kerumah atau pulang menghadap Tuhan. Wabah ini adalah wabah paling kejam yang pernah ada selama hidup, karena bukan cuma aktifitas fisik aja yag berdampak. Tapi aspek psikologi seperti rasa kecemasan, panik, dan stress juga ikut ambil tempat efek wabah ini. Tanpa sadar, justru faktor psikologi ini yang menekan individu rentan terhadap penyakit. Hal ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun. Sudah sepantasnya kita sebagai makhluk sosial saling berinteraksi untuk menenangkan diri dalam menjaga fisik dan mental. Jadi, itu sebabnya tulisan ini di buat.

ada banyak cara dalam meminimalisir diri supaya gak terlarut dalam wabah ini. kita bisa mulai dengan merilekskan diri terlebih dahulu dengan pengaturan nafas secara berulang. kita memang gak bisa mngontrol apa yang terjadi di sekitar kita. Tapi, kita harus yakin bahwa pikiran dan tindakan kita hanya bisa dikendalikan oleh diri kita sendiri. Jadi kita bisa "menilai, menanggapi dan berkreasi dengan faktor eksternal" sesuai dengan yang kita mau.

Ketika kita sudah yakin dapat mengendalikan diri dengan tepat, maka kita bisa mengontrol diri untuk menaati himbauan-himbauan tentang apa yang seharusnya dijalankan ditengah pandemi ini. baik itu himbauan dari pemerintah hingga himbauan para medis. kita juga sebaiknya jangan terlalu sering mengecek updated info tentang corona. soalnya ini bisa buat kita stress dan punya gangguan emosi lain yang malah dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh kita.

Kita juga harus bijak menerima dan membagikan informasi yang sliweran seputar corona, karena banyak banget hoax dan teori konspirasi yang bisa buat kita semakin cemas. Pastikan sumber itu dari sumber yang resmi. ingat "kita punya kendali atas diri kita"

"STAY HEALTHY EVERYONE"





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Anekdot : “4 Sehat 5 Soemporna”

INILAH ARENA PUTRI PETUNG

Ikhlasnya Lebaran 2k18