Ikhlasnya Lebaran 2k18


Assalamu'alaikum...

Wihhh THR dapet berapa nih? timbangan udah naik berapa kilo? Udah dapet pertanyaan yang bikin pusing belum sama keluarga?. Mudahan dihari yang fitri gak bikin diri stress yeee... 

lanjut agak ngegas yee..
Lebaran datang berarti lagi masanya maap maapan sama orang utama sampai orang yang kita temuin baru kali pertama.. Sebenarnya momen dalam bermaapan bukan cuma ada saat lebaran aja tapi setiap hari kita juga harus saling memaafkan, hal kek gitu udah jelaass banget tertanam dalam setiap jiwa umat bumi, tapi yaa terkadang ada aja manusia yang sifat pemaafnya ditutup tutupin sama amarah dan egois...

Amarah dan egois datang karena adanya si "setan" berwujud manusia, nafsu, bisikan atau apapun yang suka kompor komporin manusia lain yang punya pendapat beda, apalagi ditambahin sama sifat toleransi di kalangan masyarakat yang menipis. Orang orang saling beradu argumen yang begini dan begitu dengan merasa diri masing masing adalah yang paling benar, padahal gak semua manusia punya perspektif yang samakaaaan. Hal itu adalah salah satu dari sekian banyak pemicu terjadinya perselisihan. 

sebenarnya semua masalah kaya gini bisa ditanggulangi sama hal yang namanya "toleransi" yang mana orang orang bisa saling mengisi kekurangan mereka dengan hati tenang... caranya, cari tau gimana sih cara berpikirnya dia? Cara pandang dia ke orang? Gaya bicaranya gimanasih? Supaya kita bisa berjaga dalam berucap. Gak usah bikin iri orang, gak perlu buat keadaan jadi keruh, gak usah nunggu dan berpikir bahwa dia yang lebih salah jadi harus dia minta maap duluan. Coba deh kita berpikir  kedepan, siapa dulu yang pengen masuk "surgaNya Allah"?, emang sih pasti berat berat beraaaat banget rasanya minta maap duluan apalagi ada gengsi dalam diri, tapi harus bepikir lagi apa sih sebenarnya yang dicari di dunia ini kalo bukan akhirat yang tenang kaya "Surga". Emang udah fitrahnya manusia tu punya segala kekurangan, nah karena itu, diri ini harus sadar dengan mencari ilmu sama orang yang punya kelebihan, bukannya malah iri sama mereka. 

Kalo emang dianya yang salah ya kasih tau yang bener, hal yang bisa bikin hati dia tergugah, kalo nggak kasi pelajaran atau teguran yang tanpa harus menghakimi. kalo emang dianya ngelunjak, gak bisa di kasih tau ya caranya kita buat jaga diri cuma bisa diem dan hati hati jangan sampai kita berseteru sama mereka atau kasih tahu ke pihak pihak yang lebih berwenang... orang orang punya mata dan telinga kok untuk tau kalo si tersangkanya busuk hati apalagi Allah SWT yang Maha Tau tunggu aee "azab" dariNya buat teguran.

Hebatnya umat muslim itu udah punya contoh teladan yang ga asing lagi di telinga. siapa lagi kalo bukan Baginda Nabi dan Rasul yang udah jelas beliau dijamin surga tingkat tinggi tanpa hisab apapun, tapi beliau rela rela aja loh di ludahin sama musuh sekalipun, diremehkan sana sini, direndahkan harga dirinya, dan masih banyak lagi dari sikapnya manusia jaman jahiliah yang gak bisa di tolerir pake akal. tapi beliau bisa aja ngadepinnyaa..

Lah manusia sekarang yang akhiratnya aja belum jelas surga atau neraka, ibadahnya masi ga konsisten tepat waktu, sikapnya masi kasar sama orang orang yang bukan musuh...yakin ga mau maafin orang yang sebenernya masih punya sisi baik walaupun seiprit? Mau masuk surga apa kagak?..

Surganya Allah tu tanpa batas jadi masi cukup kok buat aku dan kalian kalian yang punya sifat pemaaf terbatas.. cobalah lebih ikhlas... sekian dulu yaa ngegasnya hehe


Wassalamualaikum..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Anekdot : “4 Sehat 5 Soemporna”

INILAH ARENA PUTRI PETUNG