Ramadhan Berniqab

Assalamualaikum...

Bulan Ramadhan sudah dilewati. Walaupun cuma sebulan tapi sangat membekas dihati. Apalagi ditutup dengan hari yang fitri.  Kali ini membahas tentang bulan yang sangat berarti. Ramadhan kali ini beda di hati... Bulan ramadhan itu kalo menurut pribadi kaya waktunya untuk diri sendiri. Dalam setahun ada Sebelas bulan lamanya sibuk duniawi dan sebulan khusus waktunya buat perbaiki rohani.

Ramadhan kali ini itu terasa beda, aku jadi merasa lebih ada persiapan dari tahun sebelumnya. Pas sebelum puasa aku nemu ceramahnya ustadz hanan yang bilang kalo ramadhan harus punya agenda gitu supaya ramadhannya lebih ngena dan kebiasa nantinya. akhirnya aku mutusin ke masjid untuk datang ke kajian yang beda dari lingkunganku.


Kajian di mana orang orang banyak yang berniqab. jujur aku baru pertama kalinya dateng ke kajian bernuansa islami, gak tau kenapa pas baru nyampe ke masjidnya aku deg degan banget. Ehhh ternyata pas masuk disambut sama orang di sana ramaahhh banget, aku sampe capek senyum, mereka juga coba kenal aku dengan ramah (ternyata disana gak seburuk bayanganku). Kebetulan isi kajiannya tentang menyambut bulan suci ramadhan dan alhamdulilahnya yang ku cari itu dapet, aku kaya dikasih kertas program ramadhan kaya tahsin qur'an, tadarus, kajian, hapalan doa, dll.

Sebelumnya aku mikir dulu "ikut program ini gak ya?". Soalnya dulu aku itu mikir kalo orang yang berniqab itu beda, asing, dan buat aku gak nyaman. Hal kek gitu terjadi karena orang orang di sekitarku juga punya pandangan yang sama, jadi pikiranku kek berbaur dengan omongan yang padahal aku belum terjun langsung ke lingkungan itu buat buktiin. Dari situ juga akhirnya aku mutusin buat ikut programnya, supaya aku juga bisa cari tau gimana lingkungan mereka sebenarnya. 

Pertama ramadhan aku udah mulai ikut programnya. Jadwalnya cukup bisa ku penuhi kaya jam 6 pagi hapalan doa terus lanjut tahsin jam 8 dan itu tiap hari, kalo untuk kajian dan tadarus setiap hari sabtu. Awal ikut programnya aku agak kagokkk.. soalnya ternyata ngajiku jelek parah tapi gurunya itu ramah banget mau ajarin aku pelan pelan tanpa sarkasme yang buat aku jadi gak minder. Kajiannya juga yang selama ini aku ikuti, menurutku gak ada yang melenceng kok... masuk akal aja, ustadnya cuma berpacu sama qur'an dan hadist, dan subhannallah nya lagi ustadznya lulusan mesir, jadi udah paham tauhid kan ya??. Dari situ aku jadi tau beberapa hadist yang sahih atau lemah, jadi tau budaya yang sebenarnya dilarang keras dalam agama, aku juga jadi tau mana kebiasaan ibadah yang justru gak ada dalilnya, jadi sedikit lebih tau apa apa aja kebiasaan yang diajarkan rasulullah SAW. 

Masuk pertengahan ramadhan aku mulai terbiasa sama lingkungan mereka, udah gak canggung lagi, udah bisa berbaur, udah bisa dapet temen hehe, pandangan burukku terhadap mereka juga mulai terkikis. Aku juga mulai berpikir positif lagi sama orang yang penampilannya beda dariku. Aku juga mikir kenapa dulu aku sensitif sama mereka?, ternyata aku "menolak menghindari" kebiasaanku yang emang gak di ajarkan dalam agama, aku menolak perbedaan, aku menolak ajaran agama yang baru terdengar di telingaku yang sebenarnya udah lama ada dan harus tau, aku menolak disalahkan sama hal yang kulakukan dan juga banyak orang lain lakukan, aku menolak menjauhi kebiasaan adatku yang emang gak ada dalilnya. Dari situ aku coba berpikir ulang, memilah, dan memikirkan dampak tindakan yang kulakukan, aku juga coba lebih peduli sama kebiasaan rasulullah SAW yang selama ini kuabaikan yang sebenarnya itu "sunnah" :(.

10 akhir ramadhan, untuk pertama kalinya belajar untuk i'tikaf yang sebenarnya bukan planing awal. Lagi-lagi aku ragu soalnya gak tau i'tikaf tu kaya gimana?, ada agendanya gak? Ada syaratnya gak? Apa tinggal di masjid? Atau gimana?. Aku sempet bingung  mikir aku sanggup atau nggaknya jadi aku tanya sana sini sambil searching juga, setelah aku baca i'tikaf faedahnya bagus jadi aku coba ikut.

Selama aku melakukan ibadah i'tikaf, Aku jadi merasakan nikmatnya i'tikaf, jadi tau nikmatnya sholat sampe kaki jadi keram :), jadi tau nikmatnya tadarus disepertiga malam, jadi tau nikmatnya menyiapkan sahur bersama, jadi tau rasanya sahur dimasjid bareng jamaah lain, jadi mikir "oh ini loh ndah ternyata yang namanya itikaf, rasanya seru yaa hehe".

Semakin hari buatku semakin terbiasa sama ramadhan, ibadahnya, senengnya, sedihnya, capenya, cobaannya itu semua terasa jadi nikmat saat ramadhan kali ini, makanya aku bersyukur banget Allah kasih jalan buat belajar lagi yang buatku jadi candu, gak mau jauh, gak mau LDR sama ramadhan yang gak tau bakal ketemu lagi atau nggak. Udah terlanjur nyaman. Emang sesedih itu :(.

"...Ya Allah, ampunan dariMu yang paling aku harapkan. Karena aku tak mau menjadi hambaMu yang celaka yang berpisah dengan Ramadhan tanpa AmpunanMu..."

Udah dulu yaa semoga dapat di ambil hikmahnya...

Wassalamualaikum.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Anekdot : “4 Sehat 5 Soemporna”

INILAH ARENA PUTRI PETUNG

Ikhlasnya Lebaran 2k18